Sabtu, 23 Januari 2016

"PERSEMBAHANKU"

Persembahanku

           
 
Sering dikatakan bahwa hidup membiara itu adalah panggilan. Meskipun sebenarnya hidup berkeluarga juga adalah panggilan. Saya sendiri juga kurang pasti kapan saya mulai dipanggil. Waktu SMP saya suka melihat Suster-Suster yang berjalan pulang atau pergi ke gereja. Saya lihat jubah Suster warnanya putih, panjangnya sampai ke mata kaki. Kerudungnya pakai penutup dahi, jadi tidak kelihatan rambutnya. Jarum pentul yang dipakai untuk mengatur lipatan kerudung letaknya sama antara Suster yang satu dengan yang lain.
            Saat SMA sebagai gadis muda saya juga sangat memperhatikan penampilan meski serba sederhana. Waktu itu pergi ke sekolah tidak mengenakan pakaian seragam. Saya punya beberapa helai rok dan blus.
Saya pakai secara padu-padan sehingga nampaknya saya beda penampilan padahal bajunya ya hanya itu-itu saja. Saya pelihara kuku cukup panjang supaya jari nampak lentik. Saya rajin mencuci rambut, meminyaki kaki supaya tidak bersisik. Sepatu saya semir dengan daun pepaya. Sepeda untuk berangkat ke sekolah selalu saya lap bersih. Dengan itu saya merasa penampilan saya cukup oke.

            Panggilan menjadi Suster mungkin saat saya mendengar kotbah Romo di gereja. Untuk menjadi Suster harus berani meninggalkan segalanya, katanya. Maka saya mulai memotong kuku saya yang panjang. Memotong rambut saya yang panjang yang sebenarnya sangat saya sukai. Berhenti surat-suratan dengan pemuda idola. Lalu saya pergi ke Pastoran.
            “Romo saya mau jadi Suster.”
            “Oh baik, saya pinjami buku-buku supaya kamu mulai mengenal hidup membiara.” Seminggu kemudian saya datang ke Pastoran lagi dan saya katakan.
            “Romo, saya tidak jadi masuk Suster.” Romo bilang: “Tidak apa-apa.”

            Tapi nyatanya sekarang ini sudah 30 tahun (tahun 2003, jadi tahun 2013 ini sudah 40 tahun) saya hidup membiara. Mungkin Yesus dulu sangat berkenan dengan persembahan saya yang berupa kuku dan rambut, karena itu adalah satu-satunya milik saya. Seperti Yesus berkenan dengan persembahan seorang janda miskin yang hanya mampu memasukkan dua peser ke dalam peti persembahan.
Sr. Antonia SFS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERJUMPAAN YANG TAK DIINGINKAN

💘💕💗 Yang kutakutkan adalah berjumpa dan kemudian berpisah. Rasa-rasanya tak mampu untuk melepaskanmu dan berpisah denganmu. hari-hari pen...