Senin, 20 Februari 2017

PROFIL SINGKAT KONGREGASI SFS

PROFIL SINGKAT KONGREGASI SFS


Nama Belanda                 : Ordo Ketiga RegarPenitenten Recolletinen  St. Fransiskus Assisi di St                                                Catharina  Bergen Op  Zoom
Nama Indonesia               : Suster Fransiskan Sukabumi (SFS)
Kongregasi Tingkat         : Keuskupan
 
  


  IBU ROS DE BIE
PENDIRI KONGREGASI 1838 –1851


                                                                 Sejarah singkat

          Suster Fransiskan Sukabumi adalah suatu Persaudaraan yang “Menghayati Kasih Yesus         Kristus Injili yang Ditopang Oleh Semangat Tobat, Doa, Pelayanan, Dan Kesederhanaan.” Berasal  dari Kongregasi Suster Peniten Rekolektin Ordo Ketiga Santo Fransiskus dari Assisi di Bergen op Zoom didirikan oleh Ibu Rosa de Bie pada September 1839. SFS mandiri pada tanggal 14 April 1996 sebagai Tarekat tingkat deosesan keuskupan Bogor.
Tujuan Kongregasi adalah menguduskan para anggotanya dengan menghidupi identitas dan melaksanakan misi Kongregasi Suster Fransiskan Peniten Rekolek Caritas Alles vor Allen sesuai dengan pemikiran dan cita-cita Pendiri Ibu Rosa de Bie. Doa dan kontemplasi, ulah tapa dan pengendalian diri, pelepasan dari hal-hal duniawi, ketaatan dan kerendahan hati, cintakasih yang melayani dan pengorbanan diri, kegembiraan fransiskan dan menjadikan diri sebagai tempat pengungsian.

                                                                 SPIRITUALITAS

SFS mewarisi semangat Penitenten Recollectinen Caritas dari Pendiri yaitu Penitensi (pertobatan, ulahtapa, matiraga); Rekoleksi (samadi, permenungan, kontemplasi); Caritas (pelayanan cintakasih terhadap yang miskin, sakit dan mendertita). Kapitel tahun 2012 dirumuskan sebagai berikut: Suster-suster Fransiskan Sukabumi “menghayati kasih Yesus Kristus Injili dalam hidup persaudaraan yang ditopang oleh semangat tobat, doa, pelayanan, dan kesederhanaan.”

               Aktualisasi Dalam Karya Kerasulan

          Spiritualitas tersebut ditunjukkan , melalui karya kesehatan, (Rumah Sakit, Klinik),                              pendidikan (TK, SD,  SMP, SMA) serta karya  Sosial pastoral (Rumah Panti Jompo, Rumah                Retret)


                                                                   TUJUAN

Menguduskan para anggotanya dengan menghidupi identitas dan melaksanakan misi Kongregasi Suster Fransiskan Peniten Rekolek Caritas Alles vor Allen. Doa dan kontemplasi, ulah tapa dan pengendalian diri, pelepasan dari hal-hal duniawi, ketaatan dan kerendahan hati, cintakasih yang melayani dan pengorbanan diri, kegembiraan fransiskan dan menjadikan diri sebagai tempat pengungsian.


ORGANISASI KONGREGASI


  1. Dasar pendirian Kongregasi:

1.1.  VIKARIAT APOSTOLIK BATAVIA Surat No 372/34 pada tanggal 3 Desember 1934 tentang pendirian Rumah Cabang Surat ini dikeluarkan oleh Uskup Titular Zoravenus Vikaris Apostolik Batavia tertanda P. Willekens,SJ.
1.2.  Kongregasi Suci Untuk Pengabaran Iman dengan  Prt 60, di berikan di Roma, pada bulan Januari, tahun 1935, Tentang pendirian Rumah cabang Kongregasi ”Suci Untuk Pengabaran Iman, dengan rela hati mengabulkan supaya para Suster Peniten Rekolektin Ordo Ketiga Santo Fransikus Assisi, yang rumah induknya di Bergen op Zoom,  Nederland, dapat mendirikan Rumah Biara di kota Sukabumi yang terletak dalam Vikariat Batavia”.
    1.3.  Anggaran Dasar nomor 9 pada  pasal dua (2) ini menyatakan diri sebagai berikut: “Perhimpunan ini dianggap telah dimulai sejak tanggal 13 April 1953. Kemudian didaftarkan ke Pengadilan Negeri Sukabumi pada tanggal 18 April 1978  dengan nomor 38/1978-PN.
     1.4.  Kesepakatan  Pemimpin Umum BOZ dengan Pemimpin Suster-Suster Santo Fransiskus Sukabumi, Kapitel 1981, telah memutuskan bersama-sama hal-hal berikut:

I.      Mulai dari sekarang para anggota Kongregasi tersebut di Indonesia merupakan bagian yang berdiri sendiri di dalam keseluruhan Kongregasi Suster-Suster Fransiskanes, Bergen op Zoom,  dengan nama “Suster-Suster Santo Fransiskus Sukabumi”.

II.    Sebagai bagian yang berdiri sendiri para anggota Indonesia telah menerima kewajiban untuk seluruhnya mengurus diri sendiri, baik mengenai penyediaan tenaga kerja maupun mengenai hal-hal keuangan.

III.  Dengan demikian mulai dari sekarang para Suster St. Fransiskus Sukabumi bukan lagi tangggungan Pimpinan Umum Pusat Kongregasi yang dengan demikian seluruhnya bebas dalam keputusannya kapan dan bagaimana memberi bantuan kepada Suster-Suster Santo Fransiskus Sukabumi, jika sekiranya hal itu diinginkan.

IV.  Para Suster Santo Fransiskus Sukabumi dengan penuh syukur akan menerima bantuan dari Pimpinan Umum Pusat Kongregasi sebagai tanda ikatan cintakasih timbal balik antara para anggota Kongregasi di Nederland dan para anggota Kongregasi di Indonesia.

1.5.  Tanggal 14 April 1996 Regio  Peniten Rekolektin Bergen op Zoom di Indonesia dinyatakan mandiri dengan dekrit dari Kongregasi Suci untuk Lembaga Hidup Bakti dan Serikat Hidup Kerasulan dengan nomor: DD/2369-1/1995 dan dekrit dari Keuskupan Bagor dengan nomor 33/Dekrit/SKB/96 dan diresmikan sebagai tarekat mandiri pada tanggal 14 April 1996 oleh yang Mulia Bapak Uskup Cosmas Michael Angkur,OFM.
1.6.  Penggabungan ke dalam Keluarga Fransiskan, 12 Januari 1997.
1.7.  Anggaran Dasar Notaris  26 Maret 2002 Tarekat merubah Anggaran Dasar Pendirian dengan akta notaris nomor 7 dengan nama :”KONGREGASI SUSTER-SUSTER FRANSISKAN SUKABUMI disingkat SFS dihadapan Notaris Milly Karmila Sareal S.H. Jakarta. Didaftarkan dalam Buku Register di Kepaniteraan Pengadilan Negri satu (1) Sukabumi Selasa, 9 April 2002 dengan nomor 15/YY/2002/PN.Smi. Kemudian Anggaran Dasar ini  dirubah lagi dihadapan Notaris Dwi Hartiningsih,SH. Dengan nomor 11 pada tanggal 16 Juni 2007 dan didaftarkan dalam Buku Register di Kepaniteraan Pengadlan Negri satu (1) Sukabumi Kamis, 30 Agustus 2007 dengan nomor 07/P.K.G/2007/PN.Smi
     
4                  Alamat-alamat: 
Biara St. Fransiskus, Jalan Rumah Sakit 3 Sukabumi, Jawa Barat, Telp. (0266) 221369
Biara St. Fransiskus, Jalan Veteran II/10, Sukabumi, Jawa Barat
Biara Sta. Immacullata, Kompleks PA. St. Sindanglaya, Cipanas, Jawa Barat
Biara St. Fransiskus, Jalan Pahlawan 96, Bogor, Jawa Barat
Biara St. Fransiskus, Jalan Raya Cibinong, Kp. Pabuaran Cibinong, Jawa Barat
Biara St. Fransiskus, Jalan Mayor Oking 15, Cibinong, Jawa Barat
Biara St. Fransiskus, Jalan Multatuli 42, Rangkasbitung, Banten
Biara St. Fransiskus, Jl. Kartini no 25 A Sragen 57221 Jawa Tengah, Tlp (0271)891450
Biara San Damiano Jl. A. Yani NO I Gubug Grobogan Jawa Tengah
Biara La Vern Wirosri, Jl. Siswa no 10 Wirosari Purwodadi Grobogan (0292) 761139
 
                                 








DATANGLAH.... BERGABUNG BERSAMA KAMI

1 komentar:

  1. Mohon dukungan doa untuk saya sudah 5 tahun sakit stroke dan insomnia. Terima kasih. Melchior Suroso

    BalasHapus

PERJUMPAAN YANG TAK DIINGINKAN

💘💕💗 Yang kutakutkan adalah berjumpa dan kemudian berpisah. Rasa-rasanya tak mampu untuk melepaskanmu dan berpisah denganmu. hari-hari pen...