Senin, 09 November 2015

Tari_Tarian dari Timor Tengah Utara


Tarian Bonet. Asal daerah Biboki - Insana, jenis tarian massal. Tarian orang TTU yang mengungkapkan perasaan gembira seseorang, sering di jadikan ajang mencari jodoh antar muda-mudi, juga pantun berbalas pantun.
Tarian Ote Nakaf. Asal daerah Miomafo,Insana dan Biboki, jenis tarian Tarian perang. Tarian yang menggambarkan kepahlawanan para raja dan prajurit yg pulang perang dan membawa kepala musuh sebagai tanda kemenangan dan disambut dengan tari-tarian kegembiraan oleh permaisuri raja dan rakyatnya.

Tarian Korolele/Pangkalale. Asal daerah Noemuti - Insana, jenis Tarian pesta Kenduri. Ritual yang dilakukan orang untuk mengenang arwah leluhur atau orang tua agar diterima ditempat yang layak oleh Sang Pencipta. Padi ditumbuk beramai-ramai di lesung yang panjang,dengan posisi berhadap-hadapan sambil berbalas pantun
Tarian Tenun. Asal daerah Miomafo-Insana dan Biboki. Tarian yang menggambarkan aktifitas menenun mulai dari menanam kapas sampai menghasilkan sebuah kain tenun,yang dikreasikan lewat gerakan tarian.
Tarian Gong. Asal daera Miomafo-Insana dan Biboki, jenis Tarian Penyambutan. Tarian sukacita dengan bunyi gong-gendang-giring-giring untuk menyambut kedatangan tamu/pembesar.
Tarian Likurai. Asal daerah Biboki, jenis tarian Tarian Kemenangan. Tarian untuk memberikan semangat kepada pasukan yang akan berperang melawan musuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERJUMPAAN YANG TAK DIINGINKAN

💘💕💗 Yang kutakutkan adalah berjumpa dan kemudian berpisah. Rasa-rasanya tak mampu untuk melepaskanmu dan berpisah denganmu. hari-hari pen...